Obrolan Usai Ujian Akhir CHRP: 2 Hal Praktisi HR Harus Pahami

Di tulisan sebelumnya aku cerita soal gambaran program Certified Human Resources Professional (CHRP) di bawah naungan UNIKA Atma Jaya Jakarta dan alasan kenapa aku ikut program ini. Ini tulisan terakhir dari rangkaian tulisan tadi, mau share diskusi menarik dengan mentor dan penguji makalah CHRP yang bantu aku dan tim. Sebut saja Pak ESA, seorang direktur HR perusahaan ternama dan besar di Indonesia. Saat pertama kali kita email untuk minta bantuan beliau membimbing, jawaban beliau sangat menarik: ‘Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan teman-teman. Mengingat spirit membangun negeri dan mencetak profesional handal bidang HC, maka saya bersedia membimbing.’

OK. Pertama soal frasa ‘kepercayaan yang diberikan’ dan yang kedua soal ‘membangun negeri dan mencetak professional…’. Kata-kata itu langsung membuat gambaran bagaimana Bapak ESA ini passionate banget dalam area HR, yang akan sangat disayangkan kalau aku kehilangan kesempatan belajar dari beliau.

Pertemuan pertama untuk diskusi topik dilakukan di kantornya. Aku dan seorang teman datang memaparkan topik makalah yang ingin kami tulis. Dang! Kita langsung bengong saat beliau bilang ‘Kalau mau jadi Certified Human Resources Professional’ jangan nulis pake 1 angle yang sempit seperti ini, harus dibahas dari bermacam spektrum. Kan kalian berkelompok, satu orang satu spektrum, terus nanti dijahit. Kalau mau saya bimbing ya harus begitu’.

Semacam kabar buruk tapi juga kabar baik. Kabar buruknya memang dalam waktu yang singkat, kita harus membahas 1 topik dalam banyak kacamata. Tapi kabar baiknya tentu kelompok kami jadi belajar lebih banyak hal. Singkat cerita, kita bereskan makalah kita yang berjudul ‘A Study and Recommendation: Implementation of Enterprise Social Network and Its Impact to HR Spectrums in an Organization’. Kami gunakan pembagian spektrum dari People House yang dikenalkan oleh program CHRP ini, yakni terdiri Organization Development, Attraction, Development, Motivation, dan Retention. Karena kami 5 orang, jadilah masing-masing kami membahas 1 spektrum.

Saat ujian, kami presentasikan masing-masing spektrum yang kami kerjakan. Pak ESA kemudian men-challenge kami dengan, menurut saya, pertanyaan yang bagus dan menarik. Situasi yang awalnya ujian menjadi diskusi yang menambah wawasan dan perspektif.

WhatsApp Image 2017-03-27 at 16.25.37

Tim Makalah dan Mentornya (1 anggota tim sakit)

Setelah selesai semua, beliau bertanya ‘Dari semua hal yang kita bicarakan soal HR, apa sih sebenarnya 2 role utama kita di organisasi?’

Eng ing eng. Mata kita saling tatap menatap. Beberapa dari kami mencoba menjawab, tapi belum sesuai apa yang ada dalam benak Pak ESA.

Ternyata jawabannya menurut beliau adalah: ‘management ekspektasi’ dan ‘driving behavior’. Sebagai praktisi HR kita harus mampu menjembatani ekspektasi management dengan ekspektasi karyawan. Di sinilah pengetahuan dan kemampuan terkait industrial relation, compensation & benefit etc dll dsb dibutuhkan. Kemudian soal ‘driving behavior’ untuk mencapai tujuan organisasi menjadi hal yang tidak bisa terelakkan. Kemampuan praktisi HR untuk menerjemahkan visi misi organisasi ke dalam model organisasi, development, culture, etc harus terus ditingkatkan.

Sangat fundamental sih memang. Tapi mungkin 2 hal itu bisa jadi bahan refleksi kita yang berkecimpung di area HR: apakah sejauh ini kita secara pribadi mampu berkontribusi dalam 2 hal tersebut. Bukan pekerjaan yang mudah, tapi tidak sulit juga kalau kita lakukan dengan bersungguh-sungguh.

@yosea_kurnianto

Advertisements

4 thoughts on “Obrolan Usai Ujian Akhir CHRP: 2 Hal Praktisi HR Harus Pahami

  1. Pingback: Baru Kelar Ikut Certified Human Resources Professional (CHRP) | Ini Itu Sana Sini

  2. Mas yose, perkenalkan sy bambang setiawan alumni CHRP batch 36, sy tertarik dg makalah yg dibuat oleh Kel and, jk berkenan boleh Sy minta copy bahan makalah anda sbg bahan ref bacaan sy, tks

    • Pak Bambang. Mungkin bisa share alamat email atau kalau berkenan kita terkoneksi di Linkedin, untuk memudahkan sharing file? Akun LindkedIn saya Yosea Kurnianto. Terima kasih 🙂

  3. Dear,
    Mas Yose

    Terima kasih atas artikelnya, saya sempat baca mulai dari awal pendaftaran hingga graduation day. Perkenalkan saya dari Batch 32.

    Tengah mendevelop Social Network sendiri di perusahaan, dengan tujuan salah satunya sebagai bentuk retention dan engagement. Kebetulan blogwalk dan berhenti disini, dikarenakan saya tertarik dengan studi makalah yang anda dan tim buat, seems cocok sebagai tambahan referensi dalam penyusunan konsep ini.

    Maka dari itu, Bolehkah saya mendapat copynya sebagai bahan referensi ini?
    email saya di : hrd.master.pembelajar@gmail.com

    Terima kasih atas supportnya. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s