Kenapa Aku Ikutan Certified Human Resources Professional (CHRP)

Nah, setelah bahas soal gambaran program Certified Human Resources Professional (CHRP) di bawah naungan UNIKA Atma Jaya Jakarta buat kamu-kamu yang pengen ikut tapi masih galau; sekarang aku mau cerita alasan dan awal-awalnya aku pengen ikut program ini.

Saat S1 jurusanku pendidikan. Pas mulai kerja pertama kali dapat kesempatan di area HR sampai sekarang. Memang sih ada beberapa hal yang bersinggungan antara jurusan pendidikan dengan area HR, tapi banyak yang aku belum pernah pelajari. Terutama dengan role baru yang aku jalankan di kantor, aku perlu banget paham proses-proses yang ada. Sering aku percaya bahwa knowing is owning; semakin banyak  kita belajar semakin banyak kita punya kesempatan untuk kontribusi lebih baik.

Kalau aku ambil S2 – tahun lalu belum bisa meninggalkan Indonesia karena beberapa alasan fundamental (#ceileh), pun kalau ambil di dalam negeri bakal butuh 2 tahun dan kelasnya malem. Masa mudaku bakal terenggut oleh kejamnya jalanan Jakarta dari kantor ke kampusnya, yang capeknya bakal menelan konsentrasi kuliah dan kerja. Jadilah aku cari program yang bisa bantu aku belajar secara komprehensif dalam waktu yang tidak terlalu lama, akhirnya nemu info program CHRP ini.

Awalnya pengen ikutan di tengah tahun 2016. Sempat email-email sama Mbak Admin programnya, tapi akhirnya aku delay karena ikut program di luar negeri selama sebulan. Pas udah balik, dapet role baru di kantor. Jadi aku prioritaskan waktuku untuk sesuaikan diri dan pelajari ini itunya dari role tersebut. Awal 2017 kemarin baru akhirnya kesampaian.

16473426_10211884598975556_7395449622357363845_n

Ngikutin kelas dgn sok serius :p (credit photo: Pungki Purnadi)

Aku info ke atasanku kalau aku mau ikutan program ini secara mandiri; dan minta geser jam kerja, supaya jam 16.30 WIB aku bisa langsung jalan ke kampus UNIKA Atma Jaya di Semanggi. Kantorku lokasinya di area Pulogadung; jadi 1-1,5 jam perjalanan biasanya – pernah juga sik 2 jam :’) – padahal naik motor.

Soal biayanya, karena program ini harus bayar di awal sebelum kelas berjalan; dan bukan duit kecil, singkatnya aku bersyukur dapat support dari seorang Bapak CEO perusahaan multinasional yang dari dulu selalu dorong aku untuk belajar dan kuliah.

Anyway, akhirnya tiap hari mulai Januari sampai Maret aku ikutan program ini. Motivasi utamaku tentu untuk belajar basic end-to-end proses HR. Baik materinya secara langsung relevan atau kurang relevan dengan pekerjaanku saat ini, aku telen aja. Beberapa kali merasa bosan juga sih karena menurutku ada pembahasan yang mungkin saja segera usang di masa yang akan datang; tapi sering excited dengan hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah aku pelajari. Selain itu, happy juga ketemu banyak peserta lain yang gokil dan lebih banyak pengalaman kerja dari aku.

Namanya juga belajar di kelas, pasti ada dosen yang sangat inspiring ada juga dosen yang membuatku menyesal datang ke kelasnya. Hahaha.. Beberapa dari mereka sharing dengan ketulusan membagi ilmu, tapi ada juga yang (terlalu) membanggakan hasil kerjanya di masa lampau. Well, people are unique lah yah. Hahaha..

So, secara umum ekspektasiku tercapai. Apa yang jadi tujuan utamaku di awal cukup terpuaskan setelah ikut program ini, bahkan dapat bonus hadiah saat graduation 😀 Hopefully apa yang aku pelajari bisa aku lipatgandakan dengan karya-karya di masa yang akan datang.

@yosea_kurnianto

Advertisements

2 thoughts on “Kenapa Aku Ikutan Certified Human Resources Professional (CHRP)

  1. Pingback: Baru Kelar Ikut Certified Human Resources Professional (CHRP) | Ini Itu Sana Sini

  2. Pingback: Obrolan Usai Ujian Akhir CHRP: 2 Hal Praktisi HR Harus Pahami | Ini Itu Sana Sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s