Catatan Singkat: Masih Boleh Berjuang

Dengan apa seseorang yang punya impian untuk diperjuangkan akan berhenti? Kalau konteksnya sangat besar, soal kemerdekaan misalnya, mungkin ketika para pahlawan itu sudah tidak bernafas lagi. Namun kalau soal keseharian hidup, atau sebuah tujuan hidup? Selain jika kita tidak bernafas lagi, dua hal ini mungkin bisa menghentikannya: ketika memang orang itu mendapat penolakan keras dari apa yang ia perjuangkan, atau ketika ia sudah menyadari bahwa perjuangannya sia-sia.

Berjuang Sampai Finish! pict: clipartfest.com

Berjuang Sampai Finish!
pict: clipartfest.com

Setiap orang pasti punya hal-hal yang ia perjuangkan. Terkadang memang apa yang diperjuangkan seseorang, bisa jadi tidak begitu bernilai untuk orang lain; serta sebaliknya. Hanya saja, persoalan bernilai atau tidak, bergantung pada bagaimana orang tersebut percaya pada apa yang ia perjuangkan, bukan bagaimana orang lain berpikir soal itu. Perjuangan seseorang akan suatu hal, akan menjadi pola-pola yang dapat mengubah kehidupannya.

AkuΒ punya beberapa hal yang ingin kuperjuangkan. Ada perjuangan yang aku utarakan dengan orang-orang tertentu, ada juga perjuangan yang aku simpan dalam diriku. Dan, Tuhan Yang Maha Baik, dengan berbagai caranya yang ajaib, sejauh ini memberiku kemampuan untuk menimbang perjuangan mana yang perlu aku lanjutkan dan yang perlu aku review ulang. Dan ketika hal-hal yang aku, sebagai manusia, percaya sangat bernilai masih diberi kesempatan untuk diperjuangkan, tentu aku akan melakukannya dengan sebaik-baiknya dan sehormat-hormatnya.

Selama masih boleh berjuang, aku akan berjuang.

@yosea_kurnianto

Advertisements

4 thoughts on “Catatan Singkat: Masih Boleh Berjuang

  1. “Perjuangan itu tanpa batas, hanya putus asa yang dapat menghentikannya.”
    Semangat Kak Yosea!

  2. Teruslah berjuang sobat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s