Seminggu Sebelum 2016 Usai

Seminggu sebelum 2016 usai, aku sempetin buat secara pribadi lakuin review dan refleksi apa yang terjadi dalam setahun ini. Tahun 2016 ini campur aduk. Beberapa keputusan yang menurutku penting akhirnya aku ambil. Kalau mau liat sisi beratnya, 2016 memang cukup ‘tough’ buatku. Banyak tantangan, kegalauan, kegelisahan, kekhawatiran, kekesalan, dan juga ketakutan menyelinapi sisi-sisi kehidupanku. Begitu juga kalau mau diliat sisi asyiknya, 2016 banyak memberikan pengalaman dan perspektif baru; baik yang benar-benar asyik karena baru terjadi pertama kali dalam hidup, atau yang dibuat asyik karena dari sisi berat tadi akhirnya bisa belajar sesuatu yang baru.

Well, kalau hidup adalah rangkaian keputusan – terkadang memang lebih baik mengambil keputusan salah daripada tidak mengambil keputusan sama sekali. Tentu setiap keputusan berbuntut konsekuensi. Kadang konsekuensi bisa kuhadapi dengan santai, kadang justru bikin makin puyeng. This is life. Ketidakpastian dan keterkejutan membuatnya justru kadang bikin seru.

life is full of uncertainty :)

life is full of uncertainty 🙂 – pict: http://www.elitereaders.com/

Aku selalu khawatir justru ketika aku merasa hidupku tenang-tenang aja; tidak ada hasrat untuk membuat, mencapai, atau mengubah sesuatu. Aku selalu berpikir bahwa hidupku akan singkat, sehingga aku mencoba berpikir apa yang bisa aku eksplorasi lagi dalam kehidupanku. Meski kadang sumberdaya untuk eksplorasi hal-hal baru tidak memadai, tapi aku selalu mencoba untuk mencari jalan. Kadang kesal juga dengan pola pikir seperti ini. Tapi mungkin ini jadi salah satu keunikanku, yasudahlah ya 😀

Balik ke soal review dan refleksi 2016. Sisi-sisi beratnya mengajariku berani sekaligus hati-hati dalam ambil keputusan. Nah loh, gimana tuh. Dalam ambil keputusan di usia-usia begini, memang perlu hati-hati karena perlu pikirkan dampak ke depannya. Tapi juga perlu berani karena justru dalam usia begini, masih punya kesempatan utk eksplorasi keputusan lain dalam kesempatan selanjutnya. Jadi perlu coba untuk pikirkan secara seimbang. Ini ga gampang sih. Apalagi secara pribadi, aku punya tanggung jawab terkait keluarga dan sebagainya. Sisi-sisi asyiknya bikin aku makin bersyukur dan diingatkan bahwa, kadang apa yang bahkan belum pernah pikirkan, harapkan, atau doakan – justru jadi kado-kado indah dalam hidup yang disediakan oleh Sang Pencipta kalau kita ma uterus ngobrol sama Dia.

2017 mungkin naik turun juga - tapi hopefully lebih banyak surprise. Mampir ke sini juga belum pernah kepikiran, tapi dikasih kesempatan juga sama Sang Sutradara yang asyik itu.

2017 mungkin naik turun juga – tapi hopefully lebih banyak surprise daripada 2016 😀

Aku sendiri berharap 2017 jadi tahun yang lebih asyik. Umur makin tua, makin malu kalau belum banyak bisa apa-apa. Dalam listku sejauh ini, beberapa hal baru ingin aku coba explore. Entah gimana implementasinya, tapi coba pelan-pelan dulu Meski aku tahu dalam usia-usia begini tantangan akan terus bertambah dan datang silih berganti.

Nah, kemarin sore dapet email seru dari boss, potongannya begini ‘ … kita tidak boleh kehilangan harapan, kita tidak boleh takut dengan ketidakpastian, kita tidak boleh kalah dengan kegelapan yg membayang. …. Saya belajar bahwa terang akan terlihat bagi orang yang berusaha keras mencarinya. Kita tidak boleh berhenti berharap. Di dalam ketidakpastian dan kegelapan, hanya harapan, usaha dan doa yang akan membawa kita ke tujuan.’ Thanks emailnya boss, jadi penguat untuk mulai bikin hidup lebih asyik di 2017 nanti.

Selamat Natal 2016 buat teman-teman yang merayakan. Selamat menyambut 2017!

@yosea_kurnianto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s