Cara Mudah Membangun Realita tentang Diri Anda atau Siapa Saja dengan Menarik

Siapa sangka bahwa membangun sebuah realita sebenarnya hanya memerlukan kemampuan yang sebenarnya setiap orang miliki. Sebelum melangkah lebih jauh, saya akan sampaikan dulu apa yang sebenarnya disebut realita dalam tulisan ini.

Rangkaian tulisan ini merupakan opini semata (hehehe, hampir semua isi blog ini memang tidak ilmiah :D). Tapi dalam hal ini, saya ingin share beberapa pandangan soal realita; terutama mungkin bagi usia muda yang merasa masih punya harapan hidup yang panjang :p

Anyway, saya memaknai realita bukan saja sekedar apa yang benar terjadi dalam ruang dan waktu, serta konteks tertentu. Fakta dan realita bagi saya tidak bisa disamakan begitu saja. Sebuah fakta tentang seseorang dapat juga menjadi realita seseorang, tapi bisa juga tidak. Bagaimana bisa?

Setiap hari kita beraktivitas dalam ruang, waktu, dan konteks yang tidak dialami oleh orang lain. Tentu karena Anda sebagai object yang hanya ada satu di dunia. Fakta tentang Anda, hanya ada 1, dan Anda akan sangat tahu fakta tentang Anda, karena Anda yang membuatnya.

Berbeda dengan realita. Fakta yang anda pikirkan, katakan, atau tuliskan tentang Anda akan menjadi realita hidup Anda. Sesuatu tentang Anda yang dipikirkan, dikatakan, atau dituliskan oleh orang lain dan disampaikan kepada orang lainnya, akan menjadi realita Anda untuk orang lain yang disampaikan bukan oleh Anda. Sehingga, orang-orang lain akan memiliki pemahaman tentang Anda berdasarkan realita yang disampaikan kepadanya.

Anda mungkin memiliki fakta yang sangat menarik dalam kehidupan Anda. Tapi mungkin realita yang dimiliki oleh orang lain tentang Anda tidak semenarik fakta yang Anda alami. Atau sebaliknya, realita yang Anda percayai tentang diri Anda, tidak semenakjubkan fakta yang sebenarnya terjadi. Bagaimana ini bisa terjadi?

Opini saya, realita adalah fakta yang disampaikan dalam sebuah bahasa melalui kata-kata. Apabila Anda ingin membuat realita yang menarik tentang diri Anda, asah kemampuan berbahasa dan berkata-kata Anda baik melalui pikiran, perkataan, atau tulisan. Orang-orang terdekat Anda, mungkin akan memiliki realita tentang Anda yang mendekati fakta, karena mereka melihat atau mengalami sendiri tentang Anda. Tetapi saya percaya, di masa ini, Anda punya kepentingan untuk membangun realita tentang diri Anda bukan hanya kepada orang-orang terdekat saat ini.

reality-illusion

Pict: beyondthedream.co.uk

Media Sosial, perbincangan antar rekan, dan segala bentuk dokumentasi tentang Anda akan membantu membangun realita Anda untuk orang lain. Beberapa di antara kita mungkin kemudian berpikir bahwa kita bisa memanipulasi fakta untuk membangun realita tentang diri kita melalui bahasa dan kata-kata tertentu. Ya, tentu bisa. Namun memang cepat atau lambat, orang-orang yang mungkin awalnya bukan merupaka orang terdekat, akan menjadi orang dekat yang mengetahui fakta tentang Anda.

Orang-orang dengan kemampuan berbahasa atau merangkai kata (words smart) mungkin akan mampu membangun realita tentang dirinya untuk orang lain lebih sesuai dengan keinginannya. Oleh sebab itu, buat Anda yang mungkin punya keinginan untuk membangun sebuah realita tentang diri Anda lebih baik di mata orang lain, lebih banyaklah berkawan dengan bahasa dan kata-kata yang sesuai dengan tujuan anda.

Pencitraan memang adalah sebuah usaha membangun realita tentang diri Anda di mata orang lain. Namun demikian, integritas Anda akan selalu diuji saat Anda menyampaikan realita Anda kepada orang lain. Apabila itu terlalu jauh dari fakta hidup Anda, maka usaha membangun realita positif yang Anda lakukan mungkin akan berbalik arah.

Lakukanlah dengan ketulusan dan rendah hati. Orang akan semakin menyukai realita tentang Anda yang tidak melebih-lebihkan, tidak juga terlalu merendahkan. Memang akhirnya menjadi diri Anda sendiri, sesuai apa yang Anda lakukan dan katakan, Akan membawa fakta dan realita yang menarik tentang diri Anda. Simply karena Anda adalah manusia satu-satunya di dunia yang seperti Anda J

@yosea_kurnianto

Advertisements

2 thoughts on “Cara Mudah Membangun Realita tentang Diri Anda atau Siapa Saja dengan Menarik

  1. tulisan yg memacu untuk berpikir mendalam! 🙂
    fakta akan sangat dipengaruhi oleh persepsi kita tentang diri kita sendiri sementara realita akan dipengaruhi oleh persepsi orang lain terhadap penyampaian kita tentang fakta diri, ya.

    anyway, thanks for sharing, yos.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s