Gelisah Penelusuran Tujuan Hidup

Ada beberapa anak muda yang masih dengan gigih berusaha menemukan passionnya. Beberapa yang lain menghabiskan waktunya untuk melakukan apa yang perlu dilakukan untuk bertahan hidup. Dua kelompok anak muda tersebut memiliki tujuan: menemukan passion (kehidupan) dan mempertahakan hidup (penghidupan). Keduanya memiliki dinamika masing-masing yang memiliki kelebihan dan kekurangan di berbagai sisi. Tidak perlu orang menilai orang lain atas apa yang mereka ingin kerjakan dalam kehidupannya. Tetapi manusia, sering tak dapat menahan dirinya untuk menghakimi satu sama lainnya.

Di akhir bulan Mei lalu, aku kembali mendapat undangan untuk sharing di sebuah kampus di Jakarta. Kali ini topik yang diminta adalah mengenai menggali potensi untuk membangun masa depan diri yang lebih baik. Sejujurnya, aku tidak dapat memberikan batasan-batasan yang tegas mengenai apa yang perlu dilakukan anak-anak muda ini untuk membuka peti potensinya; tentu karena setiap orang memiliki karunia yang berbeda-beda. Namun, paling tidak ada 1Β hal esensi yang perlu kita perhatikan untuk mampu menikmati kehidupan ini dengan baik: menemukan tujuan hidup.

Kembali ke pembahasan di awal tadi, soal tujuan hidup. Dalam sebuah jaringan profesional, saya mendapat sebuah figur yang saya sangat setuju, mengenai hubungan passion dan tujuan hidup. Dalam figur tersebut disarankan bahwa menemukan tujuan hidup perlu menjadi pencarian utama dalam perjalanan kehidupan. Passion adalah bagian kecil dari kehidupan yang membuat kehidupan manusia senang dalam kesehariannya. Tetapi tujuan hidup adalah sesuatu yang akan membuat orang merasa dirinya lebih berarti. Semestinya, menemukan passion tidak dijadikan sebuah tujuan hidup; melainkan pelengkap untuk mencapai tujuan tersebut.

Figure

Potensi dalam diri kita bisa dikembangkan sesuai dengan tujuan hidup kita. Orang yang punya tujuan hidup tertentu akan mampu memperlengkapi dirinya dengan kemampuan untuk mencapainya. Proses memperlengkapi diri inilah yang membuat potensi muncul dan berkembang.

Soal tujuan hidup ini, beberapa orang menemukannya dengan mudah karena seperti ditaruh dalam kehidupannya. Beberapa orang lain terus berusaha dengan sadar menggali dan berusaha menemukannya. Bebeberapa yang lain, tidak begitu memahami bahwa hidupnya perlu memiliki sebuah tujuan.

Perubahan tujuan hidup menjadi mungkin buat sebagian orang yang terus berusaha dengan sadar menggali dan berusaha menemukannya. Ruang dan waktu, serta konteks di mana ia bertumbuh kan menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi orang tersebut kemudian mengganti tujuan hidupnya. Mungkin saja tidak akan ada orang yang tahu secara pasti.

Aku sebenarnya merasa bahwa saat ini sedang dalam tahap perjalanan menggali kembali tujuan hidup. Ada beberapa shifting yang cukup significant sehingga aku berpikir bahwa mungkin saja saat ini aku perlu menambahkan perlengkapan-perlengkapan kehidupan lainnya untuk terus menjadi relevan.

2 minggu lalu aku membuka kembali folder lamaku, dan menemukan film berjudul Hugo. Semacam bisikan yang berhembus di telingaku, film ini salah satu scene-nya juga membahas tentang tujuan hidup. Hugo yang masih remaja itu bilang β€œSetelah ayahku meninggal, aku berpikir dunia ini seperti sebuah mesin yang besar. Kalau kamu tahu, dalam mesin yang kamu buat/beli, tidak akan ada perangkat cadangan. Setiap perangkat yang dipasang memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Begitu pula denganku, aku perlu menemukan fungsi dan tujuan kenapa aku ada di dunia ini”.

Aku setiap hari berpikir, bertanya, dan berusaha menggali kembali tujuan hidupku di masa ini. Aku takut jika ini terlalu lama berjalan, aku hanya akan menjadi seorang manusia dengan fungsi dan tujuan cadangan yang sebenarnya belum perlu ada di dunia ini. Tetapi Hugo dalam film itu mengingatkanku, bahwa cepat atau lambat aku akan menemukan tujuan itu. Aku hanya perlu melakukan yang terbaik dari apa yang perlu kulakukan saat ini dan menghasilkan yang terbaik dari setiap hal yang diberikan kepadaku.

Aku bersyukur, tujuan hidupku yang dulu membawaku pada kondisi ini, tapi aku selalu challenge, apakah tujuan hidupku sekarang masih relevan dan perlu untuk dicapai. Kiranya ruang dan waktu yang tepat akan segera menyingkapnya, atas kehendak Yang Maha Kuasa.

@yosea_kurnianto

Advertisements

One Comment Add yours

  1. terima kasih untuk tipsnya dan wawasannya, sangat bermanfaat sekali.
    bagaimana jika ditengah jalan saat menemukan passion kita malah terhambat? bahkan sangat lama sekali kita menemukan passion kita sndiri?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s