Tuhan Sangat Bersemangat dengan Setiap Kita di 2015!

Meski saat itu baru 10 bulan saya bekerja di perusahaan ini, saya bersyukur mendapatkan kesempatan dan kehormatan untuk memfasilitasi pembelajaran mengenai filosofi kepemimpinan dalam perusahaan dimana saya bekerja, meskipun saya tidak berada dalam departemen Training/Leadership Development. Pembelajaran ini diberikan bagi karyawan baru dan diadakan setiap bulan. Filosofi kepemimpinan perusahaan yang disebut 4 lensa ini telah cukup lama diusahakan untuk selalu diaplikasikan oleh setiap leaders di sini. 4 Lensa terdiri dari: System, Variation, Knowledge, dan People. Tim fasilitator terdiri dari 3 orang; kedua fasilitator lainnya merupakan expert yang sudah bekerja di kantor ini belasan dan puluhan tahun. Sejauh ini saya mendapat bagian dalam lensa People; yakni filosofi kepemimpinan untuk membantu lebih memahami manusia (anggota team) dan bagaimana kita secara bijak mengelolanya.

Bagi saya, filosofi ini sangat luar biasa indah dan ideal untuk sebuah perusahaan yang mencintai manusianya, bangsanya, dan juga menghormati Sang Pencipta-nya 🙂

Anyway, saya ingin menceritakan sebuah pemandangan yang menurut saya luar biasa. Dalam sebuah kesempatan pembelajaran di akhir tahun kemarin, saya mengajak setiap pembelajar untuk mengambil kertas dan pensil; dan mengajak mereka sejenak untuk menjadi ‘Tuhan’. Saya mengajak setiap peserta untuk menjadi ‘Tuhan’ yang menciptakan manusia lengkap dengan sifat-sifatnya. Aktivitas pembuka yang sangat sederhana, namun cukup untuk mengantarkan diskusi mengenai ‘Manusia’.

'Manusia' pict: abcnews.go.com

                                                                       ‘Manusia’ (pict: abcnews.go.com)

Saat mengamati setiap pembelajar, saya mendapatkan bayangan dan gambaran tentang bagaimana Tuhan sangat bersemangat menciptakan setiap kita. Ada keceriaan, sukacita, dan kebanggaan yang masing-masing pembelajar taruh atas ‘manusia ciptaanya’. Dalam hati saya, muncul rasa bersyukur yang mendalam karena saya melihat Tuhan begitu antusias saat menciptakan setiap dari kita, bagaimana pun caranya. Saya juga percaya bahwa Ia begitu bersemangat dan penuh sukacita saat mengatur jalan hidup kita.

Jika Tuhan begitu bersemangat, maka benar bahwa tidak ada yang kebetulan terjadi dalam hidup kita. Ia selalu memandangi dan mengantarkan kita dari satu puncak ke puncak yang lainnya, dengan kejadian-kejadian yang seringkali di luar pemikiran kita. Ada banyak hal luar biasa terjadi dalam hidup saya di tahun 2014 lalu. Banyak dari itu, belum pernah saya mimpikan atau pikirkan sebelumnya.

Kembali ke cerita di awal, saya mengajak pembelajar untuk saling menebak profil dan sifat dari ‘manusia’ yang diciptakan oleh rekan-rekannya. Beberapa benar, beberapa kurang atau bahkan tidak sesuai dengan apa yang dibuat oleh para ‘pencipta’. Dalam tahap ini, muncul dalam pandangan saya mengenai kemisteriusan pencipta yang menciptakan keunikan-keunikan baik yang tampak sekarang atau yang akan datang. Lagi-lagi, saya terkesima dengan ‘para pencipta’ yang dengan antusias menunjukkan ‘keunikan manusia ciptaannya’ kepada rekan-rekan pembelajar lainnya.

Penglihatan sederhana akan bayangan bagaimana Tuhan sangat bersemangat dengan setiap kita ini menjadi pemikiran saya beberapa hari terakhir saat menyongsong tahun yang baru, 2015. Betapa pun kita merasa takut untuk melangkah, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari depan, Tuhan akan terus bersemangat dengan kita. Sehingga kita perlu memang untuk membuat rencana dan tujuan, namun kita juga perlu untuk menyerahkan rencana dan tujuan kita kepada Sang Pencipta.

Selamat tahun baru teman-teman! Tuhan sangat bersemangat dengan kita di tahun 2015, sama seperti ia bersemangat saat menciptakan setiap kita. Ia punya rencana yang luar biasa, yang bahkan belum pernah kita impikan atau pikirkan. Bagaimana dengan setiap kita? Apakah kita juga bersemangat menghadapi tahun 2015 bersama Sang Pencipta?

Selamat menjalani tahun 2015. Milikilah hubungan dan pengalaman yang luar biasa dengan Sang Pencipta. Sehingga kita juga akan memiliki hubungan dan pengalaman yang luar biasa dengan rekan-rekan ciptaan-Nya. Pula sebaliknya.

“Sebab masa depan itu ada, dan harapanmu tidak akan hilang” 🙂

@yosea_kurnianto

Advertisements

2 thoughts on “Tuhan Sangat Bersemangat dengan Setiap Kita di 2015!

  1. Faith, courage, enthusiasm. Selamat menyambut tahun yg baru dengan lebih bersemangat 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s