Menguji Ulang Perjalanan Sebuah Kehidupan

Sebuah kalimat yang sangat menarik saya dengar dari seorang rekanan kerja saat saya mengikuti sesi orientasi karyawan baru di perusahaan di mana saya bekerja saat ini. Kalimat tersebut berbunyi ‘lebih baik melakukan hal yang penting (important) daripada …..’. Potongan kalimat selanjutnya tidak saya tampilkan dalam tulisan ini karena masih saya renungkan.

Potongan kalimat ini langsung mengingatkan ucapan Mas Iwan Setiawan beberapa waktu lalu yang juga mengatakan bahwa lebih baik kita tidak bersikap egois dengan memperjuangkan apa yang kita sukai, tapi belum bisa membantu banyak orang (utamanya keluarga).

Bukan sesuatu yang kebetulan, dua perkataan manusia hebat itu terkoneksi kembali dalam otak karena sebuah pertanyaan dari rekan saya yang juga baru mulai bekerja. Kita berdiskusi mengenai bagaimana pengalaman kerja mula-mula yang kita alami. Ia kemudian bertanya, ‘Bro, gimana kita pastikan bahwa kita ini menjalani masa muda kita dengan tepat ya? Apa yang perlu kita pastikan?’ – Pertanyaan ini cukup menghentak, karena saya juga menyadari bahwa masa muda seseorang tidak bisa diulang; jua tak mungkin dibeli lagi dengan penghasilan setelah kita bekerja nanti. Untuk beberapa saat saya diam, kemudian teringat perkataan dari 2 manusia super tadi.

Saya coba memulai lagi diskusi tersebut dengan pertanyaan, ‘Hal baik apa yang kita ingin perjuangkan dalam hidup kita?’. ‘Mungkin setelah mampu menjawab pertanyaan itu, kita harus beralih ke ‘Mengapa’ dan ‘bagaimana caranya’’ lanjut saya dalam diskusi tersebut.

Image
pict: samh.org.uk

Mengerjakan sesuatu yang penting akan semakin meyakinkan keberadaan kita dalam sebuah system; baik keluarga, masyarakat, ataupun pekerjaan. Sehingga untuk beberapa orang, mengerjakan sesuatu yang penting akan jauh lebih mengesankan dari mengerjakan apa yang dia sukai.

Sebuah pertanyaan kemudian muncul; ‘apa yang bisa kita lakukan dengan hal yang kita sukai?’ Tentu ini tidak bisa kita tinggalkan begitu saja. Bagi saya, asalkan kita tahu hal baik apa yang kita perjuangkan, kita bisa melakukan hal yang kita suka untuk membantu kita memperjuangkan sesuatu tersebut.

Hanya saja, mengidentifikasi sesuatu yang penting untuk dikerjakan juga bukan hal yang mudah. Saya rasa, kita perlu benar-benar mengenali diri kita sehingga kita tahu di mana kekuatan kita dan di mana pula kelemahan kita. Rangkaian yang ideal menurut saya kemudian menjadi ‘melakukan hal yang penting sesuai dengan kapasitas kita’.

Ada pula pertanyaan jika kita menganggap yang kita sukai adalah hal yang penting, paling tidak untuk diri sendiri. Ini merupakan sebuah pilihan. Sejauh mana kita ingin memberikan dampak, kita yang menentukan (dan memperjuangkan). Dalam konteks kepemimpinan, Pak Anies Baswedan, dalam sebuah sesi pernah menyampaikan bahwa semakin kecil ‘self-interest’ yang dilakukan, semakin berkualitaslah pemimpin tersebut.

Bukan berarti melakukan self-interest salah, tapi kita perlu menyadari bahwa kita hidup dalam sebuah system. Dan dalam sebuah system, kita masing-masing memiliki perananan. Peranan tersebut bisa saja sesuatu yang diberikan (something given) atau sesuatu yang dirancang sendiri (independently constructed). Dalam merancang peranan sendiri, kita perlu tahu, paling tidak, siapa dan bagaimana kita serta hal baik apa yang ingin kita perjuangkan dalam hidup. Memang hal ‘baik’ adalah sesuatu yang relatif, tapi kita yang merasa terdidik dengan baik akan memahami makna universal dari kata ‘baik’.

Kita yang masih muda perlu untuk segera memahami dan memberikan jawaban atas ini: ‘Hal baik apa yang ingin kita perjuangkan dalam hidup kita (yang terbatas ini)?’ – Sehingga masa muda kita akan menjadi masa yang bukan saja menyenangkan, tapi juga bermanfaat.

@yosea_kurnianto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s