Dari SSE ke USBI – Kamu mau gabung? ;)

Semenjak 1 Juni 2013 ini, saya tidak lagi mengenalkan diri sebagai mahasiswa Sampoerna School of Education (USBI). Ini karena saya sudah lulus  SSE sekarang sudah berubah nama menjadi Faculty of Education di Universitas Siswa Bangsa Internasional atau yang disingkat USBI. Nah, sementara itu, Sampoerna School of Business juga bergabung ke USBI menjadi Faculty of Business. Ditambah dengan 2 fakultas lainnya (Faculty of Art, Design, and Media & Faculty of Science and Technology), USBI diluncurkan di The Atrium – Sampoerna Strategic Square, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Image
Dari Ki ke Ka: Prof. Paulina Pannen (Vice Rector USBI), Ibu Neny Soemawinata (MD Putera Sampoerna Foundation), Dr. Donetta Goodall (Lone Star College – Partner USBI)

Saya bersukacita karena universitas yang merupakan inisiatif dari Putera Sampoerna Foundation ini melangkah lebih jauh dan berkembang dalam penyediaan pendidikan berkualitas di Indonesia. Namun demikian, banyak kenangan yang telah terukir selama hampir 4 tahun di bawah nama Sampoerna School of Education.

Dalam sebuah kesempatan, ada rekan bertanya kepada saya; ‘bagaimana kakak menggambarkan SSE – atau sekarang Faculty of Education USBI?’ – Saat itu saya menjawab dengan sebuah analogi yang memang cukup aneh 😀

Saya menggambarkan SSE – Faculty of Education USBI seperti tanah yang subur. Mahasiswa-mahasiswa yang datang adalah biji tanaman yang beragam; ada yang tanaman buah, sayur, bunga hias, obat, sampai pohon kayu. Nah, biji-biji tersebut tertanam dalam tanah subur yang kaya dengan energy positif dan unsur hara yang melimpah. Lebih lagi, pertumbuhan tanaman tersebut dirawat oleh pengelola lahan yang professional; dalam hal ini adalah para dosen. Berbagai jenis tanaman tumbuh dan diapresiasi sesuai dengan manfaatnya. Pengelola lahan tidak membedakan tanaman; yang layak tumbuh atau yang harus dibuang. Jika ada tanaman yang lunglai; pengelola tanah akan segera mencari cara supaya tanaman segera pulih dan tumbuh bersama tanaman lainnya lagi. Indahnya lagi, para tanaman saling berbagi unsur hara dan energy positif. Sehingga, semua tanaman bertumbuh bersama-sama dalam ragam jenis dan manfaat.

Tidak berlebihan. Karena itulah yang saya rasakan hampir 10 4 tahun ini. Terlebih ini adalah fakultas pendidikan, yang menurut saya harus menjadi akar dan contoh bagaimana pendidikan selayaknya berjalan. Sejauh ini, SSE – Faculty of Education USBI cukup mampu membuktikan kualitas pendidikan yang membuat setiap siswanya berkembang; yang tahu bukan saja apa yang perlu dipelajari tapi juga bagaimana cara belajar yang tepat untuk dirinya.

Terlepas dari problema institusi baru (yang memang baru berdiri tahun 2009-dan ini normal), SSE – Faculty of Education USBI cukup berhasil mengubah cara pandang saya (dan saya yakin rekan-rekan saya juga) terhadap sebuah hal baru atau sebuah masalah. Dari semester awal kita dikenalkan bagaimana melihat sebuah hal dari berbagai sisi, berpikir kritis, menilai secara objektif, dan hal keren lainnya yang membuat pribadi ini merasa menemukan makna kehidupan yang manusiawi; memaksimalkan potensi diri – dan membantu pembangunan potensi orang lain.

Meski sekarang namanya bukan lagi Sampoerna School of Education; tapi kebanggaan atas nama tersebut masih melekat pada diri saya. Dan saya yakin nilai-nilai yang sudah tumbuh selama nama SSE berkibar akan terus menjaga kualitas bahkan membantu perkembangan USBI ke depan. Apalagi ditambah dengan kualitas tinggi dari peserta didik (adik-adik angkatan) yang luar biasa kreatif dan GILA mengesankan. Saya rasa, USBI akan cepat dikenal masyarakat sebagai penyedia layanan pendidikan berkelas dunia di Indonesia.

Tag-line USBI adalah ‘Your Pathway to Global Leadership’ dengan 3 nilai utama yakni Leadership, Entrepreneurship, dan Social Responsibility. Kampus ini menawarkan 2 bahkan hingga 3 gelar dalam jangka waktu 4 tahun dalam program International Pathway-nya. Penasaran? Kalau teman-teman ingin tahu lebih banyak soal program USBI, silahkan kunjungi website ini ya: USBI – Atau ngobrol juga lewat twitternya USBI di @USBI_Indonesia.

Yang jelas, Faculty of Education USBI saya rekomendasikan pada rekan-rekan yang ingin mendalami konsep pendidikan secara holistik tapi juga detil. Bahkan, saya percaya kalau faculty of Education USBI akan terus bertumbuh dan mampu membantu Indonesia menemukan konsep pendidikan yang layak untuk pembangunan generasi masa depan bangsa ini.

@yosea_kurnianto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s