Macetnya Inovasi dalam Pendidikan

Jakarta, 1 Mei 2013 – Rangkaian paragraf di bawah merupakan hasill perenungan pribadi, sehingga jelas tulisannya tidak ilmiah. Ini hasil perenungan setelah menghadiri GE Leadership Session bersama Ibu Maria Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Beth Comstock, GE Chief Marketing Officer kemarin sore di gedung Sapta Pesona.

Tema dari sesi tersebut sebenarnya cukup kompleks, yakni Leading through Innovation & Breakthrough Marketing Strategy to Win the Global Competition. Dari tema tersebut sebenarnya ada beberapa variable yang bisa menjadi fokus pembicaraan, tetapi Beth saat itu sangat menggaris bawahi sisi inovasi. Hal ini mungkin terkait dengan isu ekonomi kreatif yang disampaikan oleh Ibu Maria Pangestu pada sambutannya.

Ibu Maria Pangestu menyampaikan bahwa cara dunia bekerja sekarang berubah; konsentrasi pada ‘value’ menjadi hal utama dalam usaha.  Sedemikian juga dengan ekonomi kreatif, beliau menyampaikan bahwa ekonomi kreatif adalah upaya penambahan ‘value’ pada sesuatu yang sudah ada atau akan dibuat.

Beth menceritakan bagaimana GE dengan slogannya ‘Imaginations at Work’ selalu mencoba untuk menemukan ide baru dalam rangka memecahkan masalah-masalah lokal dan mengajak lebih banyak orang percaya pada values yang mereka angkat. Inovasi menjadi hal yang sangat penting di sini. Saya sedikit menyimpulkan ucapannya tentang inovasi, bahwa kunci utama inovasi adalah kreativitas; dan ia percaya bahwa setiap orang lahir punya kreativitas. Sehingga tugas utama pemimpin (generasi ini) adalah mendukung perkembangan kreativitas generasi mendatang. Jika proses tersebut baik, maka akan banyak ditemukan inovasi di kemudian hari.

Karena pikiran saya selalu mengaitkan apa pun yang saya temui dengan pendidikan, perenungan tentang ini pun terjadi. Sekitar seminggu yang lalu, dalam kesempatan pengalaman mengajar di sekolah, saya mencoba menerapkan semacam skills integrated learning dengan pemanfaatan teknologi. Dalam kata lain, saya sedang mencoba melakukan inovasi dalam pendidikan agar pendidikan yang saya jalankan memberi kesempatan untuk lahirnya sebuah inovasi dari siswa.

Guru pamong saya mengatakan, ‘kamu tidak bisa lakukan hal seperti itu, skill yang dilatih harus satu-satu’. Well, ada benarnya juga. Tapi saya masih sangat ingat bagaimana dosen di kampus saya menantang untuk merancang pembelajaran kreatif yang memaksimalkan potensi siswa. Pikir saya saat dengar nasihat guru pamong saya, ‘Kalau kita bisa capai 2 hal atau lebih, kenapa musti cuma 1?’ – Nakal ya saya 😀

Sedikit pengalaman itu memberikan gambaran besar buat saya, bagaimana gap-generasi pendidik di Indonesia saat ini. Bukan saya sombong, tapi saya beruntung hidup di jaman yang sangat menantang kreatifitas dan potensi ini. Gap-generasi ini membuat inovasi dalam pendidikan sedikit banyak macet. Penerimaan akan ide dan cara baru dalam pendidikan sepertinya belum dapat diterima oleh pendidik pendahulu. Mungkinkah karena memang tidak efektif, tidak sesuai dengan prinsip pendidikan, atau hanya belum terbiasa?

Saat kita mau kembangkan pendidikan untuk menciptakan generasi  yang kreatif dan inovatif, pendidik perlu berinovasi dulu dalam kegiatan pendidikannya. Bagi saya, ini seperti putaran proses antara pendidik, siswa, dan kemampuan inovasi tersebut. Inovasi dalam pendidikan akan memungkinkan lahirnya cara baru untuk memaknai hidup, sehingga pendidikan yang ada akan memungkinkan adanya inovasi baru untuk kehidupan juga.

Saat ini saya masih berfikir, sekolah-sekolah yang memiliki tenaga pendidik inovatif mampu menghasilkan siswa kreatif dan berdaya adaptif tinggi. Wah, kalau jumlah sekolah seperti ini masih sedikit, generasi kreatif dan inovatif kita juga bakal segitu-segitu aja ya 😀

@yosea_kurnianto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s