School Experience Program: Transformasi Kualitas Pendidik

SEP

Jakarta, 28 April 2013 – Sebagai salah satu usaha untuk mempersiapkan generasi pendidik yang sesuai dengan kebutuhan abad 21, Faculty of Education – Universitas Siswa Bangsa Internasional (FoE USBI) melaksanakan sebuah program bertajuk School Experience Program (SEP). Program ini mungkin mirip dengan program praktik pengalaman lapangan (PPL) yang sering dilakukan oleh lembaga pendidikan tinggi keguruan lainnya, hanya saja SEP dilakukan sejak mahasiswa berada di semester 1.

Selama 2 minggu di tiap semester, mahasiswa-mahasiswi FoE USBI diterjunkan ke sekolah-sekolah partner dengan tugas yang berbeda tiap semesternya. Bagi mereka yang berada di semester 1 dan 2, kegiatan utama dari SEP adalah observasi sekolah dan kelas. Mereka diberi kesempatan untuk memahami interaksi yang terjadi antara guru dan murid, situasi dan sistem sekolah, serta suasana pembelajaran yang dibangun oleh sekolah.

Mahasiswa semester 3 dan 4 mulai diberi kesempatan untuk menjadi asisten guru dalam kegiatan pembelajaran. Mereka membantu guru dari persiapan hingga aktivitas di kelas. Sementara mahasiswa semester 5 dan 6 mendapat kesempatan untuk mulai memimpin aktivitas pembelajaran dalam kelompok (team teaching). Dengan bimbingan dari guru pamong (mentor teacher) dari sekolah tersebut, para mahasiswa menyiapkan pembelajaran mulai dari membuat rancangan program pembelajaran (RPP), alat-alat yang diperlukan, hingga memimpin pembelajaran di kelas. Penelitian tindakan kelas juga mulai diperkenalkan di tahap ini, mereka diminta meneliti dampak dari program pembelajaran yang mereka rancang dan lakukan.

Image

Para mahasiswa baru mendapat kesempatan untuk mengajar secara individu di semester 7. Ini juga tetap berada di bawah pengawasan guru pamong. Sebagai rangkaian terakhir dari program SEP, mahasiswa semester 8 diterjunkan ke sekolah selama 2 bulan. Hal ini dimaksudkan supaya para mahasiswa semakin memahami lingkungan dan sistem dimana mereka akan bekerja selepas dari perkuliahan. Mulai tengah Maret lalu hingga tengah Mei mendatang, mahasiswa semester 8 sedang melakukan SEP terakhir mereka.

“SEP membuat saya memahami suasana pembelajaran yang terjadi, sehingga saya bisa memastikan apa yang saya pelajari di kampus benar bermanfaat. Saya juga bisa ukur kemampuan saya di lapangan, karena kadang teori di buku tidak selamanya benar bekerja di lapangan” kata Melyana, salah satu mahasiswi semester 8 FoE USBI.

FoE USBI yang berdiri tahun 2009 ini memiliki mimpi untuk mencetak pendidik generasi baru (Cerating a New Generation of Educators). SEP diadakan sebagai jawaban atas kekhawatiran masyarakat bahwa guru yang berkualitas sangat sulit dicari. Melalui program ini, mahasiswa-mahasiswi dilengkapi dengan kemampuan relflektif dan evaluative atas performa dirinya di lapangan. Kemampuan ini akan membawa mereka terus belajar dan mengembangkan diri dalam rangka menghadapi tantangan abad 21 yang serba cepat ini.

Dalam momentum hari pendidikan nasional ini, program School Experience Program yang dilakukan FoE USBI merupakan pelita dan harapan lain untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik. Bayangkan jika semua guru di Indonesia dipersiapkan sedemikian rupa untuk menjadi pendidik professional, sekiranya keluhan akan rendahnya kualitas pendidikan akan sangat lirih atau bahkan tidak terdengar. Tentu karena kualitas pendidikan suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pendidik yang dimiliki bangsa tersebut.

Semoga program School Experience ini menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan tinggi keguruan lain untuk dikembangkan, sehingga transformasi kualitas guru dan pendidikan Indonesia semakin melebarkan senyum generasi bangsa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s